Manfaat Ikan Gabus Untuk Pasien Operasi Caesar

Manfaat Ikan Gabus Untuk Pasien Operasi Caesar

Masa pemulihan luka jahit yang lama dapat mengganggu aktivitas. Apalagi bunda dituntut untuk bisa melakukan apa saja demi si kecil, pasti membutuhkan banyak tenaga. Nah.. bunda pasti mencari-cari solusi untuk mempercepat masa penyembuhan luka operasi bunda. Apakah bunda pernah mendengar apa itu ikan gabus? lalu apa hubungan ikan gabus dengan luka pasca operasi caesar??

Berikut ini ulasan mengenai manfaat ikan gabus untuk pasien operasi caesar

gabus

Ikan gabus merupakan jenis ikan yang tidak banyak dibudidayakan, namun banyak hidup secara liar di banyak daerah. Ikan gabus yang dikenal sebagai ikan predator ini banyak ditemukan didanau, sungai, sendang, parit, rawa-rawa, dipersawahan, bahkan perairan yang rendah kadar oksigen.

Ikan gabus juga dikenal dengan banyak nama diberbagai daerah di Indonesia, diantaranya : ikan kotes / kutuk (jawa), ikan kocolan (Betawi), ikan haruan atau bogo (Sunda), bocek (Riau), licingan, kobus, dan lain-lain. Ikan gabus dengan sebutan ilmiahnya Ophiocephalus Striatus dan Channa Striata memiliki ciri-ciri umum berbentuk badan bulat memanjang, punggung bulat, kepala pipih mirip ular, warna badan hitam dengan perut putih atau krem, badan seperti bergambar, dan memiliki sirip ekor yang membulat setengah lingkaran. Dalam bahasa inggris, ikan predator air tawar ini disebut dengan Snake Head.

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Soal kandungan gizi, semua jenis ikan adalah sumber protein yang sangat baik. Namun ikan gabus, diketahui sebagai ikan yang kandungan gizinya lebih banyak dari ikan jenis lain. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, dimana yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), maupun ikan sarden (21,1%).
(Anonymous, 1996)

tabel

Ikan Gabus juga dikenal mengandung Albumin, yaitu bisa mencapai sekitar 6,224 g setiap 100 g daging ikan gabus. Kandungan Albumin Plus Mineral Zinc (Zn) yang sebesar 1,7412 mg/100 g pada daging ikan gabus inilah yang terkait dengan proses penyembuhan luka yang lebih baik. Kepopuleran ikan gabus mulai meluas semenjak ada beberapa rumah sakit yang memanfaatkan ikan gabus sebagai sumber Albumin bagi pasien yang kekurangan Albumin(Hipoalbumin), serta untuk terapi pengobatan, mempercepat penyembuhan luka bakar, luka biasa maupun luka pascaoperasi.

Apakah Albumin?

Albumin terdapat dalam plasma darah manusia, bahkan lebih banyak 60% dari jenis protein lainnya. Albumin bermanfaat sebagai pembawa molekul-molekul kecil untuk melewati plasma dan cairan sel, yang erat kaitannya dengan bahan metabolisme dan pembawa berbagai macam obat yang kurang larut. Dengan kata lain, albumin adalah pembawa obat-obatan, sehingga tidak mengendap dalam tubuh dan menyebabkan keracunan. Jenis obat-obatan yang tidak mudah larut air seperti aspirin, antikoagulan, dan obat tidur memerlukan tugas albumin agar bisa beredar dengan baik.

Manfaat Ikan Gabus

1. Manfaat Ikan Gabus Untuk Pasien Pasca Operasi Caesar

Albumin juga berperan dalam meregenerasi sel yang mati, sehingga kejadian sel yang rusak akibat luka   atau operasi bisa cepat sembuh. Bagi penderita penyakit tertentu akan semakin lama sembuh, karena   obat yang diberikan tidak mudah diserap dengan baik oleh sel yang membutuhkan pengobatan. Jadi, mengkonsumsi ikan gabus atau sari albumin dari ikan gabus bisa membantu mempercepat pengobatan, mempercepat kesembuhan luka bakar, ginjal, luka bakar atau luka pasca operasi.

Albumin juga berperan dalam meregenerasi sel yang mati, sehingga kejadian sel yang rusak akibat luka   atau operasi bisa cepat sembuh. Bagi penderita penyakit tertentu akan semakin lama sembuh, karena       obat yang diberikan tidak mudah diserap dengan baik oleh sel yang membutuhkan pengobatan. Jadi, mengkonsumsi ikan gabus atau sari albumin dari ikan gabus bisa membantu mempercepat pengobatan, mempercepat kesembuhan luka bakar, ginjal, luka bakar atau luka pasca operasi.

2. Pembentukan & Pertumbuhan Otot

Ikan gabus Mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas / nila. Namun masih setara dengan kandungan protein yang terdapat pada ikan bandeng. Dari 100 gram ikan gabus Anda dapat memperolah 25,2 gram protein. Coba Anda bandingkan dengan kadar protein untuk per 100 gramnya yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan Anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh Anda.

3. Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh 

Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga kestabilan regulasi cairan dalam tubuh. Jika kondisi tubuh Anda kadar cairan berkurang, maka protein yang masuk dalam tubuh Anda akan pecah sehingga tak dapat berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam tubuh mencapai 60%.

4. Sehat Untuk Pencernaan  

Ikan gabus mempunyai struktur daging yang lebih empuk, anda tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan karena ia sangat mudah di cerna. Hal ini karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging ternak darat lain. Hanya 3% hingga 5 % dari total kandungan protein kolagen .

5. Mendukung Pertumbuhaan Balita

Kekurangan albumin bisa terjadi pada tubuh manusia, yang suatu kondisi yang disebut dengan hipoalbumin. Hal ini bisa menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik keseluruh tubuh, sehingga bagi anak bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, perkembangan otak yang tidak maksimal, penurunan kekebalan tubuh hingga menyebabkan anak mudah sakit.

6. Memperbaiki Gizi Buruk

Dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak terdapat pada bayi , balita , anak maupun ibu hamil karena dalam 100 gr gabus saja sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.

7. Membantu Mengatasi Pembengkakan Di Tubuh 

Selain untuk penyembuhan luka, kandungan albumin dalam ikan gabus yang cukup tinggi juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh Anda.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Anda yang ingin daya tahan tubuh lebih baik ? jangan lupa konsumsi ikan gabus secara rutin, konsumsi ikan ini akan membuat tubuh Anda tidak mudah terserang berbagai penyakit akibat perubahan cuaca maupun karena faktor lain.

Cara mengolah ikan gabus pun juga tidak sulit kok Bunda, sepert memasak ikan – ikan lain. Bunda bisa mengkreasikan resep andalan dengan menggunakan bahan dasar ikan gabus. Tapi lebih disarankan supaya ikan gabus itu dimasak dengan cara dikukus hingga keluar cairan yang berwarna putih keruh. Itu bertujuan agar Albumin yang diambil dari sarkoplasma jaringan ikan gabus itu tidak mengurangi khasiatnya untuk mempercepat masa penyembuhan luka pasca operasi caesar.

 

Artikel : Manfaat Ikan Gabus Untuk Pasien Operasi Caesar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s